Yuk Mari Grammar Unik Belajar Bahasa Perancis

Ada banyak orang yang lebih memilih belajar bahasa Perancis sendiri di rumah. Namun, hal itu biasanya membuat bingung, terutama harus memulai dari mana.

Nah, berikut ini adalah beberapa poin yang harus kamu alami ketika belajar bahasa Perancis dimana Kamu juga bisa mempelajarinya di Lembaga kursus di Eduversity.

Berikut adalah hal-hal yang harus diketahui ketika akan memulai belajar bahasa Perancis secara mandiri. Simak selengkapnya disini.

  1. Kata Benda Bergender

Seperti bahasa Jerman, Spanyol, atau Arab, pada bahasa Prancis juga mengenal gender dalam kata bendanya. Ketika kita belajar bahasa Perancis, kita akan mendapati dua gender, yaitu kata benda feminin dan kata benda maskulin.

Ada banyak aturan untuk membedakan mana kata benda yang bersifat feminim atau maskulin.

Salah satunya adalah bahwa biasanya kata benda bersifat feminim akan berakhiran “-e”. Namun, hal ini sebenarnya tidak berlaku untuk semuanya. Ada beberapa pengecualian yang bisa terjadi.

  1. Kata Benda Berbentuk Singular atau Plural

Kebanyakan kata benda bahasa Prancis adalah singular. Namun, ketika kita belajar bahasa Perancis, kita akan menemukan kata-kata benda yang berbentuk tunggal dan jamak. Hal ini sebenarnya terjadi juga pada bahasa Inggris, misalnya “woman” dan “women”.

Kebanyakan kata benda dalam bahasa Prancis yang berbentuk jamak akan berakhiran “-s”. Selain itu, bisa juga berakhiran “-x” atau “-ux”. Sementara kata benda singular atau tunggal biasanya berakhiran “-al, -eu, -au, -eau, -ou, -ail”.

Bentuk plural dan singular ini juga bisa membuat kata tertentu memiliki padanan dalam bahasa Prancis. Misalnya, kata “United States” akan disebut dengan “les États Unis”. Hal itu karena menurut pemahaman bahasa Prancis, suatu negara tidak dapat bersatu sendirinya.

Article dalam Bahasa Prancis

Seperti dalam bahasa Inggris, ketika belajar bahasa Perancis kita akan menemui artikel yang ditempatkan di depan sebuah kata.

Bedanya, jika article dalam bahasa Inggris kita mengenai “the” yang menyatakan kepastian, kita akan menemui article dalam bahasa Prancis yang bergantung gender.

Beberapa artikel yang akan kita temui ketika belajar bahasa Prancis adalah sebagai berikut.

Maskuline singular    : Le (seperti the) dan Un (seperti a)

Feminime singular     : La (seperti the) dan Une (seperti a)

Maskuline plural         : Les (seperti the) dan Des (seperti an)

Feminime Plural          : Les (seperti the) dan Des (seperti an)

  1. Kata Sifat Setelah Kata Benda

Dalam belajar bahasa Perancis, kita akan menjumpai lebih banyak kasus di mana kata sifat diletakkan setelah kata benda. Misalnya pada kalimat “Jaime les tortues vertes.” Yang menyebutkan “les” sebelum “tortues” dan diikuti “vertes” (bukannya “vertes tortues”).

Hal ini sebenarnya lazim dalam bahasa Indonesia. Namun, dalam rumpun bahasa yang ada di bangsa Eropa, grammar semacam ini termasuk unik. Mereka biasa menggunakan aturan “red apple” (merah-apel) ketimbang “apple red” (apel-merah).

  1. Pengaruh Gender dan Jumlah pada Kata Benda dan Artikel-nya

Kembali pada contoh kalimat “Jaime les tortues vertes.”, kita bisa melihat berbagai pengaruh gender dan jumlah kata benda yang ada di dalamnya. Pada kata “vertes” yang sebenarnya adalah “vert” dalam kata dasarnya, terdapat imbuhan “-e” dan “-s”

Kata “vert” diberi imbuhan “-e” karena merupakan noun yang bersifat feminim. Sementara “-s” adalah karena jumlahnya banyak. Dalam kalimat tersebut, berarti “Saya menyukai kura-kura hijau secara umum”.

Kata “tortu” juga diberi tambahan “-e” karena bersifat feminim. Sementara article “les” di depannya merupakan akibat dari jumlahnya yang jamak. Pengaruh-pengaruh ini tidak hanya pada grammar, bahkan bisa pada pengucapan suatu kata yang jadi berbeda.

Itulah tadi beberapa poin yang harus dipahami ketika belajar bahasa Perancis.

Beberapa aturan tersebut merupakan sebagian kecil fakta tata bahasa Prancis. Kamu akan menemui beberapa aturan lain yang tidak kalah menantang.

 

This entry was posted in Pendidikan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *