INFEKSI Waspadai pada Mamil

Infeksi dapat terjadi di masa kehamilan atau pada fase persalinan. Keduanya sama-sama berisiko fatal. Berikut beberapa penyakit yang mesti diwaspadai: ‘ TUBERKULOSIS (TB) Sejak 2005, Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah menjadikan penyakit ini sebagai target kedaruratan. Bila Mama mengalami penyakit ini, sebaiknya segera mendapat penanganan dan pengobatan yang aman.

Baca juga : Kerja di Jerman

Pasalnya, penyakit ini dapat memengaruhi perkembangan janin dan mengganggu proses persalinan, selain juga berisiko fatal, yaitu kematian ibu. ‘ HEPATITIS Hepatitis adalah infeksi virus yang menyerang fungsi hati. Virus hepatitis B (HBV) adalah penyebab paling umum hepatitis pada mamil. Di sisi lain, virus hepatitis E (HEV) juga dikaitkan dengan peningkatan risiko kematian ibu. Hepatitis dapat dicegah dengan kewaspadaan, imunisasi, dan sanitasi yang lebih baik. ‘ TIFUS Mamil yang menderita tifus memiliki risiko kematian 15% atau lebih. Pun janin yang dikandung berpeluang sekitar 60—80% gugur atau lahir prematur. Infeksi tifus bisa dicegah dengan imunisasi.

Mama yang terinfeksi setelah melahirkan disarankan untuk tidak menyusui bayi, karena dikhawatirkan akan menularkan penyakitnya kepada si bayi. Selain itu, mama dianjurkan banyak istirahat, menjalani pengobatan simptomatik dan minum obat yang diresepkan dokter. ‘ ERISIPELAS Infeksi ini disebabkan streptococcus hemolitikus. Bila terjadi semasa hamil, kuman jadi lebih patogen yang bisa menyebabkan sepsis, sehingga berisiko terjadi infeksi nifas yang mengancam jiwa Mama. Sang janin pun berisiko terkena infeksi yang bisa mengakibatkan kematian. Salah satu upaya yang dilakukan adalah menjalani isolasi agar tak menular.

Mamil mesti istirahat, dirawat dengan baik, serta menjalani pengobatan. PENTING DIPERHATIKAN: • Agar tak berefek buruk, mamil yang mengalami infeksi apa pun jenisnya, sebaiknya menjalani pengobatan intensif. Terapi yang dilakukan pun harus aman bagi kehamilan. • Upayakan agar kondisi kesehatan Mama tetap prima dengan mengonsumsi makanan bergizi. • Mama yang berencana hamil disarankan memeriksakan kondisi kesehatan secara menyeluruh, sehingga bila terjadi gangguan bisa segera ditanggulangi. • Jika infeksi terjadi saat hamil, mamil agar rutin memeriksakan kesehatan dan kehamilannya, terutama untuk memantau apakah infeksi yang dialami mengancam keselamatan diri dan janinnya.

Sumber : https://ausbildung.co.id/

This entry was posted in Parenting. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *