5 Tips Belajar Bahasa Jerman yang Efektif secara Mandiri

Mempelajari bahasa Jerman tidak jauh berbeda dengan belajar bahasa asing yang lainnya. Bagi orang dewasa bagian sulit adalah membagi waktu untuk mempelajari bahasa baru di antara jadwal bekerja dan istirahat.

Sedangkan bagi anak remaja belajar bahasa asing akan lebih mudah karena banyak waktu yang tersedia. Bagaimanakah cara efektif yang perlu dilakukan siapa saja untuk mempelajarinya? 

Ada banyak sekali cara yang bisa ditempuh apabila Anda tidak memiliki banyak waktu untuk mengikuti kursus di Studiva.com.

Sudah banyak sekali aplikasi online yang akan membantu sebagai media belajar. Tetapi tetap saja konsep belajar harus ditentukan sejak awal. 

Cara Mempelajari Bahasa Jerman dengan Mudah

Bagi para pemula baik itu orang dewasa atau remaja, cara pertama yang harus dilakukan adalah memulai.

Semakin sering menunda maka waktu yang terbuang sia-sia akan semakin meningkat.

Jika bisa memulainya dari sekarang mengapa harus menunggu sampai hari esok? Apalagi saat ini sudah banyak fasilitas yang digunakan untuk belajar. 

Anda tidak akan kesulitan mempelajari bahasa Jerman dengan beberapa cara ini. 

Belajar dengan bantuan audio

Kebanyakan orang tidak menyadari cara ini dan hanya belajar dengan menggunakan buku saja. Padahal mendengarkan adalah kunci utama untuk mengenal bahasa Jerman.

Belajar semua kosakata baru dalam bahasa Jerman dan juga pelafalannya dengan benar. Melalui audio yang memanfaatkan suara native speaker Anda akan mengenal seperti apa pelafalan yang benar.

Cobalah untuk mengulangi kosakata dalam audio, merekam suara sendiri dan mengoreksinya. 

Memprioritaskan yang dipelajari

Anda harus memprioritaskan apa saja yang dipelajari pertama kali. Artinya buatlah jadwal khusus apa saja yang harus dicapai dalam waktu dekat ini. Jadwal akan menentukan target dalam waktu tertentu.

Sehingga akhirnya Anda akan mendapatkan tujuan besar yaitu menguasai bahasa Jerman . Baik itu dalam menulis, percakapan dan juga mengartikan. Buatlah prioritas dari hal yang terdekat misal berhubungan dengan pekerjaan atau hobi. 

Belajar secara reguler

Disiplin dalam belajar adalah kunci sukses menguasai bahasa Jerman dengan lebih cepat. Setidaknya Anda harus meluangkan waktu setiap hari. Baik itu mendengarkan, membaca atau bahkan menulis buku harian.

Tidak ada ilmu yang dicapai dalam waktu semalaman. Anda harus tekun mempelajarinya setiap hari dan sesuaikan dengan jadwal yang telah dibuat sebelumnya. 

Membuat kelas kecil

Anda akan belajar mandiri, namun bukan berarti tidak membutuhkan bantuan orang lain. Teman belajar sangatlah berperan penting disini walaupun Anda tidak belajar di kelas bersama dengan guru.

Namun dengan bantuan teman, Anda akan mendapatkan motivasi belajar terus menerus. Selain itu teman juga akan membantu mengukur kemampuan yang dipelajari sudah sampai sejauh mana. Anda pasti tidak ingin kalah dalam hal melakukan percakapan atau pelafalan yang benar bukan? 

Mengulangi materi yang telah dipelajari

Anda sudah membuat prioritas belajar dan akan ada materi baru terus menerus. Namun bukan berarti materi lama dilupakan. Disinilah terjadi banyak kesalahan ketika seseorang mempelajari bahasa Jerman secara mandiri.

Materi yang sudah dikuasai tetap harus diulangi agar tidak terlupakan. Setiap ada materi baru, tetap ulang pelajaran yang sudah dihafalkan dan dimengerti sebelumnya. Fungsinya adalah Anda tidak akan pernah lupa dan harus mengulangnya dari awal.

Bagaimana, apakah Anda sudah siap mempelajari bahasa Jerman dengan lebih efektif? Pastikan kepercayaan diri harus terus dipupuk karena awalnya mempelajari bahasa ini akan sangat terdengar aneh. 

 

This entry was posted in Pendidikan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *