Jaga Bayi Jangan Sampai Kedinginan

Apakah Mama tahu suhu normal pada bayi? Ya… sekitar 36–37,5 pengukuran suhu aksiler oC dengan (di ketiak). Kenapa suhu tubuh bayi bagitu penting diketahui? Karena, mekanisme pengaturan suhu yang ada pada tubuh bayi belum berfungsi sempurna sehingga suhu tubuhnya bisa saja menjadi cepat menurun dan dapat menyebabkan hipotermia.

Baca juga : Kursus Bahasa Jerman di Jakarta

Kondisi hipotermia sangat berbahaya karena tentu akan berisiko tinggi dapat membuat bayi mengalami sakit berat bahkan lebih parah lagi bisa mengalami kematian Hipotermia adalah kondisi dimana temperatur tubuh kurang dari 36°C. Ada dua macam hipotermia, yakni hipotermia sedang (suhu tubuh 32°C–36°C) serta hipotermia berat (suhu tubuh bayi < 32°C). Semua dengan pengukuran temperatur suhu tubuh aksiler. Jika pengukuran suhu dilakukan pada rektal atau anus, suhu normalnya ialah antara 0,5—1°C di atas suhu aksiler.

Bayi yang bagaimanakah yang rentan mengalami hipotermia? Bayi prematur (bayi yang lahir pada usia kehamilan kurang dari 37 minggu), bayi berat bayi lahir rendah (kurang dari 2.500 g), bayi dengan skor APGAR kurang dari 7, dan bayi dari ibu de ngan riwayat kehamilan kembar dua atau lebih. Tetapi, bayi-bayi normal juga bisa terjadi rentan terkena hipotermia kalau ada pemicunya, misal, baju basah atau suhu ruangan terlalu dingin.

Pencegahan Dan Penanganan

Terkait dengan pencegahan hipotermia, di rumah sakit atau rumah bersalin menerapkan prosedur pada setiap bayi baru lahir harus segera dikeringkan dengan handuk dari kepala hingga seluruh tubuh bayi. Setelah kondisi tubuh kering, bayi harus segera mungkin “dibungkus” dengan selimut, bila perlu diberikan topi. Selanjutnya bayi akan diletakkan telungkup di atas dada ibunya untuk mendapatkan kehangatan dari dekapan ibu.

Untuk mencegah bayi kedinginan, penilaian derajat vitalitas bayi (lewat tes APGAR), biasanya juga dilakukan di bawah lampu agar sinar terangnya dapat menghangatkan tubuh bayi. Tim medis/bidan pun akan menunda memandikan bayi baru lahir sampai suhu tubuh bayi stabil. Pada bayi baru lahir sehat (lahir cukup bulan, berat badan lahir >2.500 g, langsung menangis kuat), misalnya, maka bayi akan dimandikan dalam kurun waktu 24 jam setelah dilahirkan dengan menggunakan air hangat.

This entry was posted in Parenting. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *