Tips Jitu Gunakan Word dan Excel Mobile

Microsoft telah menyematkan aplikasi Office Hub di Windows Phone yang terdiri dari beberapa aplikasi standar mereka seperti Word, Excel, Powerpoint, OneNotes, dan Outlook. Meski aplikasi ini memiliki fitur yang tidak selengkap versi Office desktop, namun ketersediaan aplikasi tersebut cukup membantu dalam menampilkan ataupun membuat dokumen secara instan melalui perangkat ponsel. Interface yang disesuaikan dengan tampilan ponsel, membuat aplikasi ini memerlukan cara yang berbeda dalam mengoperasikan. Bagi Anda yang belum familiar, begini cara singkat yang bisa dilakukan dalam menangani suatu dokumen berbasis Word dan Excel.

Buka dokumen di Word

Masuk ke App list dan tekan Office. Pada kategori Places, arahkan ke folder dimana dokumen berada. Pilihan lokasi dokumen tersebut berada di antara Phone, SD card, email, OneDrive, dan Office 365. Jika Anda ingin membuka dokumen yang sebelumnya pernah dilihat, tinggal geser ke kiri hingga masuk ke kategori Recent. Dari sini akan terlihat dokumen yang pernah dibuka berdasarkan pilihan waktunya. Jika Anda mendapati dokumen dengan jumlah kata yang cukup banyak, ada cara cepat jika ingin langsung membaca pada bagian tertentu. Setelah membuka dokumen, tekan More (ikon tiga titik), tekan Outline. Dari sini Anda bisa menentukan bagian mana yang ingin langsung dibaca. Jika ingin menampilkan dokumen dari paling atas, bisa menekan pilihan Top of document. Sedangkan untuk alinea lainnya bisa menentukan sendiri sesuai yang tertera pada dokumen.

Buat dan simpan dokumen baru di Word

Masuk ke App list dan tekan Office. Geser ke kategori Recent dan tekan New yang berupa tanda plus (+). Pilih format dokumen yang diinginkan (contohnya Word), tekan Word. Dari sini Anda bisa mulai mengetik. Untuk menyimpannya, tekan More (ikon tiga titik) untuk melihat fungsi yang ada. Pilih Save, tentukan nama file di kolom File name, dan tentukan lokasi penyimpanan di kolom Save to. Tekan Save untuk menyudahinya.

Sunting dokumen Word

Setelah membuka dokumen yang ingin disunting, tekan More (ikon tiga titik), pilih Edit. Dari sini Anda bisa langsung menyunting dokumen yang ada. Jika ingin mengubah format teks, tekan More>Format. Meski tidak selengkap aplikasi Office versi desktop, Anda tetap mendapatkan fitur ini dengan pilihan sederhana. Anda hanya bisa menentukan format, highlight, serta font color pada teks. Untuk mengubah format teks yang sudah ada, Anda tinggal menekan dua kali teks yang dituju, tekan More>Format dan tentukan pilihan teks.

Buat dokumen Excel

Masuk ke App list dan tekan Office. Geser ke Recent, tekan New (ikon +) dan pilih Excel. Disini Anda bisa memilih Blank Document ataupun Excel templates. Untuk mengetik teks atau memasukkan angka, tekan cell pada worksheet, untuk menentukan formulanya, tekan ikon Fx. Ketikkan angka atau teks dan tekan Enter. Lakukan hal yang sama saat hendak memasukkan angka atau teks berikutnya ke cell lain.

Setelah selesai, tekan tombol Back agar tampilan keyboard hilang. Jika ingin menjumlah angka dengan cepat, Anda bisa memanfaatkan fitur AutoSum. Tekan cell yang berisi angka yang ingin dijumlahkan dan geser hingga cell terakhir. Tekan More (ikon tiga titik) dan pilih AutoSum. Nantinya akan tampil beberapa pilihan yang bisa Anda tentukan. Untuk membuat grafik, seret cell angka yang dimaksud, tekan More>Chart. Tentukan format chart yang diinginkan. Untuk menyimpan dokumen, tekan More>Save dan tentukan nama file serta lokasi penyimpanan.

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *